Keerom – BINTANGJAGATNEWS. Membawa keceriaan dan kebahagiaan bagi anak-anak di Perbatasan, Pos Kalipao Satgas Yonif 310/KK membuat dan memainkan permainan tradisional egrang bersama anak-anak Kampung Yuwainda di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (14/6/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK bukan hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat perbatasan, namun juga mampu membawa keceriaan dan kegembiraan khususnya bagi anak-anak.

“Kami melihatnya sangat ceria dan bahagia, ini menunjukkan keberadaan TNI di Kampung mereka selalu diterima, terlebih mampu membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ucap Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, memainkan permainan-permainan ini, kita tidak hanya melestarikan warisan budaya, tetapi juga menyampaikan warisan ini kepada generasi mendatang.

“Memainkan mainan ini banyak melakukan aktivitas fisik akan sangat berguna untuk perkembangan motorik anak” ungkapnya.

Diungkapkan, manfaat permainan egrang ini diantara dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai, kaki, abdomen, lengan, serta tangan. Selain itu bermain egrang juga melatih keberanian dan percaya diri terhadap kemampuan tubuh, melatih kesabaran, keuletan, dan ketekunan.

Pada pelaksanaannya, personil Satgas bersama anak-anak membuat langsung alat permainan egrang ini, mulai dari menyaiapkan bahan yang akan digunakan, hingga merakit dan membuat egrang. Membuat alat permainan egrang tidak sulit dan bahan-bahannya pun tersedia di alam seperti bambu.

“Disela permainan, kami selingi dengan perlombaan. Anak-anak sangat mendominasi, mereka cepat sekali beradaptasi dengan alat permainan egrang ini ” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Nostal Pasebo (10) salah satu anak kampung yang begitu bersemangat memainkan egrang, dirinya mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada Personil Satgas Yonif 310/KK yang sudah membuatkan egrang untuk dirinya.

“Kami senang dibuatkan dan diajak bermain egrang oleh abang-abang Pos, ternyata permainannya asyik dan saya suka. Saya akan bawa pulang mainan ini untuk saya ajarkan kepada adik saya di rumah,” tutur Nostal.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.