Keerom – BINTANGJAGATNEWS. Tanamkan dan tumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada generasi penerus bangsa, Satgas Yonif 310/KK memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SDN Inpres Yabanda di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (28/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Diungkapkan Dansatgas, pemberian materi wawasan kebangsaan ini dilakukan pihaknya selaku Satgas Pamtas yang berada di Pos Yabanda dipimpin langsung oleh Danpos (Komandan Pos) Lettu Inf Subhanudin beserta anggotanya, merupakan wujud kepedulian terhadap mutu pendidikan para generasi penerus bangsa di wilayah perbatasan.

“Dengan pemberian wawasan kebangsaan ini, diharapkan dapat menanamkan rasa cinta tanah air dan bela tanah air yang kuat sejak dini kepada anak-anak disini,” ungkap Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, Wawasan kebangsaan akan membantu generasi muda mengetahui tentang sejarah dan budaya negara mereka, menghargai perbedaan, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

Sementara itu, Danpos Yabanda Lettu Inf Subhanudin selaku pemateri menambahkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari anak kelas 4, 5 dan 6. Dirinya mengungkapkan bahwa para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, aktif bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disampaikan.

Dalam pelaksanaannya, personil Satgas pun tidak hanya berikan materi wasbang saja, akan tetapi memberikan pula bantuan berupa tas, buku dan alat tulis serta perlengkapan olahraga kepada para siswa untuk memotivasi mereka agar lebih semangat dalam belajar.

Disisi lain, Panehas Rumere, S.Pd., (58) selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK atas kepedulian dalam pendidikan dan pembentukan karakter bagi anak didiknya.

“Saya lihat anak-anak sangat senang sekali dengan kehadiran anggota TNI, apalagi banyak dari mereka yang bercita-cita menjadi prajurit TNI. Terima kasih, semoga ini bermanfaat dalam upaya kita menyiapkan generasi penerus bangsa yang kuat dan cerdas,” tutur Panehas.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.