Sukabumi – BINTANGJAGATNEWS. Sabtu, 8 juni 2024. Informasi yang dihimpun oleh Awak Media, Buku cerita anak SIMI Sipenyu Yang kuat dijual kepada sekolah sekolah PAUD di Sukabumi, yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga dengan ISBN 9786024677701, Kategori Buku: Cerita, Sub kategori : Anak.

Penulis dari buku simi penyu yang kuat tersebut adalah Yani Jatnika-Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi. Ukuran (PxL) : 20.00 cm x 20.00 cm, jumlah halaman : 24 halaman, terbit 31 Agustus 2023.

Buku Cerita Anak SIMI Penyu Yang Kuat, menceritakan tentang Ketika Simi si anak penyu dan Uteng si anak kepiting sedang asyik mengobrol, tiba-tiba ada ombak besar datang dan membawa mereka ke tengah laut. Uteng yang lemas tidak sanggup untuk berenang. Akankah Simi dapat menolongnya?. Sekilas Sinopsis yang dibaca oleh awak media.

Di lain pihak menurut Narasumber yang dapat dipercaya bahwa buku cerita anak Simi penyu yang kuat, tersebut adalah Mulok (Muatan Lokal). Yang berarti cerita ini pelajaran yang materi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya, adat serta kebutuhan seluruh daerah di sukabumi yang wajib dipelajari oleh peserta didik.

Sedangkan cerita Simi diilustrasikan peristiwa di tengah laut, imajinasi anak tidak akan sampai bagi yang lingkungannya tidak di sekitar laut misalnya di daerah pegunungan atau perkotaan.

Jadi cerita Simi tidak bisa dikategorikan dengan materi mulok Kabupaten Sukabumi, Artinya Andaikata seluruh anak didik PAUD di Kabupaten Sukabumi di wajibkan untuk memiliki buku tersebut sangat berlebihan.

Ketika awak media konfirmasi kepada seorang Pengelola Paud berinisial PS melalui sambungan telepon selulernya menanyakan tentang Buku Cerita Anak SIMI Sipenyu Yang kuat, Kata PS “Saya beli buku cerita anak Simi si penyu yang kuat sebesar Rp 45.000 dari anggaran bosp yang cair pada bulan Januari 2024.” ucapnya.

Dirinya menjelaskan Buku Simi tersebut dikoordinir oleh Himpaudi “Saya beli buku tersebut dari Himpaudi tadinya saya disuruh beli 5 Buku tetapi karena Bosp-nya kecil saya ambil saja satu, itupun ada penekanan dari penilik agar buku tersebut dibeli.” jelasnya.

Masih kata PS “Ada yang beli banyak juga sampai dengan 10 Buku bagi sekolah penerima Bosp-nya besar.” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Pengelola PAUD yang tidak mau disebutkan namanya kepada awak media terkait Buku Cerita Anak SIMI Sipenyu Yang Kuat 8/06/2024. Kata Pengelola Paud “Buku cerita anak Simi si penyu yang kuat wajib dibeli, sejumlah siswa.” Ucapnya, Lanjut “Teman saya yang tidak memasukkan Buku itu ke Arkas di marahin oleh Penilik.” jelasnya.

Ketika awak media meminta tanggapan Wakil Ketua Paguyuban Maung Sagara, Sambodo ngesti waspodo terkait Buku cerita anak SIMI Sipenyu Yang Kuat. Kata Sambodo “Perlu adanya muatan lokal untuk mencerdaskan anak Paud, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi alam, lingkungan sekitarnya, jangan sampai cerita gunung kepada anak yang tinggal ditepi pantai, ga nyambung begitu juga dengan cerita Laut bagi anak yang tinggal di gunung.” jelasnya.

Lanjut Sambodo “Maaf saya menduga Buku ini bermotif Bisnis dikarenakan dijualnya tidak sesuai Mulok (Muatan Lokal), dan penulis buku adalah Yani Jatnika (Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi) yaitu Istri Bupati Sukabumi (Drs.H.Marwan Hamami.MM), mau tidak mau secara hubungan antara atasan dan bawahan, Diduga Himpaudi dan Penilik bekerja untuk menjual buku tersebut ke sekolah PAUD se Kab. Sukabumi.” pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan awak media belum dapat menghubungi Yani Jatnika.

(DS)