Sumenep – JAGAT BATARA. Pemerintahan desa (Pemdes) Kertasada akan melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun yaitu Rokad Desa/petik laut pada tanggal 30 s/d 11 Mei 2024 hari Minggu. bertempat di jalan pelabuhan Bom Desa Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Sabuwang kades Kertasada dikonfirmasi awak media lewat WhatsApp menjelaskan acara Rokad Desa atau Petik Laut merupakan kegiatan kami setiap tahun yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kertasada supaya masyarakat tidak melupakan warisan yang sudah turun temurun, apalagi untuk generasi mudah jangan sampai meninggalkan
tetapi harus menjaga dan melestarikan budaya leluhur kita,”tegasnya.

Lanjut, Sabuwang acara Rokad Desa atau Petik Laut ada 8 item diataranya Pasar Malam dari tanggal 30 April s/d 11 Mei 2024,Lomba Karaoke Umum dari tanggal 30 April s/d 8 Mei 2024,Jalan- jalan Sehat 6 Mei 2024, Parade Hadrah 9 Mei 2024,sedangkan Pengajiaan Umum 10 Mei 2024 dan Arak Pal- kapalan 11 Mei 2024 sedangkan pada tanggal 11 Mei 2024 malam masyarakat kami kasih hiburan bersama Ludruk Rukun Karya yang datangnya dari Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep dan ditutup dengan Larung laut pada tanggal 12 Mei 2024 sebagai penutup acara,”jelasnya.

Disamping itu kami ingin mengajak semua pihak dan masyarakat desa Kertasada berpartisipasi untuk mengsukseskan acara yang di nanti-nanti oleh masyarakat setiap tahunnya, dan memberikan rasa syukur kepada Allah SWT supaya acara nanti diberikan keselamatan dan kedamaian agar pelaksanaan acara Rokad Desa atau Petik Laut berjalan lancar dan aman.

Kades Sabuwang mengharap kegiatan ini bukan hanya sebagai sebuah tradisi, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada agama serta budaya lokal, dengan semangat kebersamaan dan kekompakan masyarakat desa Kertasada yang kita cintai tutupnya.
(M)