Keerom – BINTANGJAGATNEWS. Panen hasil kebun dari pemanfaatan lahan kosong di sekitaran Pos, Personil Satgas Yonif 310/KK yang berada di Pos Towe Hitam ajak warga panen kacang hijau di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (7/6/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, pemanfaatan lahan kosong disekitaran pos merupakan salah satu program Hanpangan (ketahanan pangan) Satgas Yonif 310/KK di daerah penugasan.

“Hasil kebun tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan personil Satgas yang berada di pos, dapat dinikmati pula oleh warga sekitar,” terang Dansatgas.

Lanjut dikatakan, kegiatan panen kacang hijau Pos Towe Hitam ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan percontohan kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah menjadi bermanfaat.

Sementara itu, Danpos (komandan pos) Towe Hitam Letda Inf Andri Budi Purwanto, S.Tr,Han., menambahkan bahwa kebun kacang hijau seluas 50 M2 ini sudah dipanen sebanyak 3 kali. Dirinya pun mengungkapkan bahwa kebun ini juga sebagai media edukasi bagi warga serta tumbuhkan motivasi untuk memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami tanaman produktif dan bernilai ekonomis.

Tinus Kelaimi (24) salah satu warga yang ikut serta dalam panen tersebut mengungkapkan ketertarikannya untuk menanam kacang hijau di lahan kosong di pekarangan rumahnya.

“Saya mau coba tanam kacang hijau di dekat rumah, abang-abang TNI sudah berikan bibitnya, semoga bisa tumbuh subur seperti di Pos,” tutur Tinus.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.