Keerom – BINTANGJAGATNEWS. Dalam rangka peringati Hari Lahir Pancasila serta tumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dan negara para generasi muda diperbatasan, Pos Senggi Satgas Yonif 310/KK berikan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dengan materi 4 Pilar Kebangsaan kepada siswa-siswi SMKN 2 Keerom di Distrik Senggi Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (30/5/2023l4).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas menjelaskan bahwa mempelajari wawasan kebangsaan bertujuan untuk memberi pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan. Sebagai generasi muda besar harapan bangsa diletakkan diatas pundak mereka.

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas dan beragam. Dari ujung barat ke ujung timur, setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya sendiri. Begitu beragam suku, budaya, ras, dan agamanya. Kekayaan alam Indonesia juga begitu berlimpah dan beragam.

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, Wawasan Kebangsaan memiliki arti penting dalam mempertebal rasa kebangsaan serta meningkatkan semangat kebangsaan. Tujuan Wawasan Kebangsaan ini adalah untuk menciptakan generasi bangsa yang berwatak dan menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat, yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individual dan kelompok.

Dalam pelaksanaannya, Pakum (Perwira Hukum) Satgas Yonif 310/KK, Letda Chk Nanda Ferdianto S.H., selaku pemateri menambahkan kegiatan ini diikuti sebanyak 40 siswa-siswi yang terdiri dari anak kelas 10, 11 dan 12. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, aktif bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disampaikan

“Ini merupakan salah satu bentuk pembinaan karakter dan penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda. Terlebih dalam waktu dekat, kita akan peringati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni nanti,” tambah Letnan Nanda.

Sementara itu, Dirkoyari, S.Pd., (47) selaku Kepala Sekolah menyampaikan apresiasi atas kegiatan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 310/KK. Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada para siswa-siswi tentang pentingnya wawasan kebangsaan.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.