Sukabumi – BINTANGJAGATNEWS. Pemerintah Kabupaten Sukabumi menerima penghargaan Top 5 Investment Challenge 2024 dari Gubernur Jawa Barat, pada hari Jumat 28 Juni 2024. Penghargaan diberikan pada acara West Java Industrial Meeting (WJIM) di Trans Studio Convention Center Bandung oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan diterima oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi mewakili Bupati Sukabumi Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan Bappelitbangda dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.

Investment Challenge 2024 merupakan kegiatan kompetisi yang diikuti oleh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat melalui penilaian Proposal Investasi sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah.

Investment Challenge 2024 sebagai kegiatan strategis adalah program perdana yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi ikut berkontribusi dalam kegiatan Investment Challenge 2024 dengan mengusulkan Proposal berjudul ”Pembangunan Industri Pengolahan Padi Modern”. Proposal ini disusun oleh Tim yang terdiri dari Perumda Agro Sukabumi Mandiri, Bappelitbangda dan DPMPTSP, serta didukung oleh Dinas Pertanian, DPTR dan Dinas Ketahanan Pangan.

Proposal ini diusulkan dengan skema Business to Business (b to b). Bila proposal ini mendapatkan dukungan investasi, maka ke depan Perumda Agro Sukabumi Mandiri dapat mengelola Rice Milling Unit (RMU) Modern di Jampangkulon untuk memproduksi padi kualitas premium dari gabah yang berasal dari petani/kelompok tani di Kabupaten Sukabumi, sehingga hasil padi dari Kabupaten Sukabumi dapat diolah sendiri.

Top 5 Investment Challenge melalui proses yang cukup panjang dimulai dari kelayakan proposal, babak penyisihan berupa evaluasi kelayakan insvestasi yang ditawarkan, Top 10 berupa analisis kelayakan usaha RMU dan akhirnya Top 5 berupa presentasi proposal investasinya di depan calon investor dalam dan luar negeri pada acara West Java Investment Roadshow (WJIR) pada tanggal 20 Juni 2024 di Hotel Kempinski Jakarta.

Penghargaan Top 5 Investment memiliki makna bahwa Perumda Agro Sukabumi Mandiri adalah Perumda Layak Investasi. Selanjutnya Top 5 Investment Challenge akan diikutsertakan pula pada West Java Investment Summit (WJIS) pada Oktober mendatang.