Keerom – BINTANGJAGATNEWS. Dalam rangka peringati Hari Lahir Pancasila, Pos Somografi Satgas Yonif 310/KK bersama siswa-siwi SD YPPK Akarinda kibarkan bendera Merah Putih di Puncak Bukit Somografi di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (1/6/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (2/6/2024).

Dikatakan Dansatgas, Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni merupakan momen bagi seluruh rakyat Indonesia, yang menjadi acuan bagi seluruh warga negara dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Perayaan peringatan hari lahir pancasila dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak bukit somografi ini sebagai betuk rasa nasionalisme dan mengenang kembali momen bersejarah perumusan dasar negara,” terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila perlu ditanamkan pada generasi muda, oleh sebab itu sejak dini anak-anak mulai dari tingkat sekolah dasar harus di bekali dan diberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Lanjut dikatakan, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan pondasi utama dalam membangun karakter yang kuat dan berintegritas bagi generasi muda. Dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, generasi muda akan dapat menjadi motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan, mereka akan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Dalam pelaksanaannya, sebelum pengibaran bendera di Bukit Somografi, seluruh perserta berkumpul di Lapangan Sekolah, mereka mempersiapkan perlengkapan yang akan diperlukan seperti menyiapkan bendera dan tiang/galah dan memasangkannya.

Para peserta yang terdiri dari personil Satgas, siswa-siswi SD YPPK, perwakilan guru dan tokoh masyarakat, mereka melakukan konvoi menuju Bukit Somografi sambil mengibar-ngibarkan bendera selama diperjalanan.

Setibanya di lokasi, Bendera Merah Putih ditancapkan dan seluruh peserta melakukan penghormatan secara terpimpin. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat hari lahirnya pancasila oleh Danpos Letda Inf Entis Sutisna, dan pembacaan teks Pancasila oleh seluruh peserta acara.

Silas Pallop (35) selaku guru yang juga ikut dalam kegiatan, sangat mengapresiasi kegiatan pengibaran bendera ini, dirinya mengaku bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah yang pertama kalinya mereka lakukan.

“Saya sangat bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini, saya lihat anak-anak pun begitu bersemangat, semoga mereka dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.