Pegunungan Bintang – BINTANGJAGATNEWS. Bentuk kepedulian prajurit TNI kepada warga di perbatasan, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK buatkan kamar mandi sederhana untuk Lukas Kelaimi (71) dan Wa Kini (63) warga Kampung Batom 1, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat (8/6/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Diungkap Dansatgas, bahwa personil Pos Batom berjumlah 8 orang dipimpin langsung oleh Danpos (komandan pos) Letda Inf Eko Effendi buatkan kamar mandi sederhana untuk keluarga Lukas Kelaimi karena selama ini mereka mandi di sungai yang jaraknya lebih kurang 500 M dari rumah.

“Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian anggota TNI khususnya Satgas Yonif 310/KK untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat di sekelilingnya,” ungkap Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan semacam ini juga merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) yang terus dilaksanakan oleh Satgas Yonif 310/KK dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam pelaksanaannya, personil Satgas membuat kamar mandi sederhana tersebut dengan ukuran 2 M x 1,5 M menggunakan bahan-bahan bekas yang berada disekitar yang masih layak digunakan, seperti papan dan seng sebagai dinding dan atap. Sedangkan sumber airnya berasal dari sumur serapan yang memang sudah ada sebelumnya.

“Lukas hanya tinggal berdua bersama istrinya Wai Kini. Dengan kondisi yang sudah tua, terlalu berat buat mereka jika harus mandi di sungai yang jaraknya cukup jauh. Kami merasa perlu untuk membantunya,” tambah Dansatgas.

Atas bantuan yang diberikan, Wai Kini (63) mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas yang sudah membuatkan kamar mandi untuk dia dan suaminya.

“Anak-anak TNI (personil Satgas) sangat baik sekali, mereka rutin berkunjung untuk menanyakan kabar kita disini. Walaupun kamar mandi ini sederhana, tapi bagi kami sangat berarti,” tutur Wai Kini.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.