Sukabumi – BINTANGJAGATNEWS. Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Sabtu, 1 Juni 2024.

Harlah Pancasila ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Iyos Somantri membacakan amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia yang berpesan agar semua pihak memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional.

Usai membacakan amanat Ketua BPIP RI, Wapup mengajak masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk selalu memaknai nilai-nilai dasar Pancasila dalam membangun jati diri bangsa.

“Peringatan Harlah Pancasila harus dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur,”ungkapnya

Bangsa Indonesia yang kodratnya adalah keberagaman agama, budaya dan adat istiadat harus selamanya dijaga dari ancaman yang akan merusak keragaman itu.

“Keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama dan golongan pun pasti secara serentak bergerak bersama-sama bersatu untuk membelanya terhadap siapapun yang merongrongnya,”tambahnya

Wabup pun menambahkan, ketika Pancasila menjadi kepribadian yang menjadi bagian dari masyarakat bangsa Indonesia maka kekuatan bangsa ini menjadi semakin kuat dan semakin mampu menghadapi tantangan ideologi seperti komunisme atau liberalisme yang tidak berakar dalam kehidupan bangsa.

“Selamat melaksanakan peringatan Harlah Pancasila. Mari kuatkan untuk menjadikan Pancasila ini sebagai pedoman dan pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat bangsa Indonesia sekaligus menjadikan Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia Maju,”pungkasnya